Kata Kata Mutiara Mother Teresa

Kata Kata Mutiara
Kata Kata Mutiara

 

Tentu Anda pernah mendengar kata-kata mutiara Mother Teresa. Sosok yang sangat menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan kepedulian terhadap kaum miskin ini sangat cocok untuk dijadikan teladan hidup.

Perjalanan Hidup Mother Teresa

Mother Teresa dikenal sebagai sosok yang sangat dikagumi oleh dunia internasional karena jasanya yang luar biasa terhadap kemanusiaan.

Mother Teresa dilahirkan di Skopje, ibu kota Republik Makedonia pada tanggal 26 Agustus 1910.

Nama kecilnya adalah Agnes Gonxha Bojaxhiu. Arti nama Gonxha di Albania adalah kuncup mawar atau bunga kecil.

Meskipun ia dilahirkan pada tanggal 26 Agustus, ia selalu menganggap bahwa ia telah dilahirkan pada pada tanggal 27 Agustus, sesuai dengan tanggal ia dibaptiskan.

Mother Teresa adalah anak bungsu dari sebuah keluarga di Shkoder, Albania. Ayahnya bernama Nikolle Bojaxhiu dan ibunya bernama Drana Bojaxhiu. Sang ayah meninggal pada saat Mother Teresa berusia 8 tahun, sehingga ibunya membesarkannya sebagai seorang Katolik Roma.

Mother Teresa pada masa kecilnya senang dan kagum dengan cerita-cerita tentang kehidupan misionaris dan pelayanan yang dilakukan mereka di Benggala.

Di usianya yang menginjak 12 tahun, ia merasa terpanggil untuk melayani orang-orang miskin dan berkomitmen dalam kehidupan keagamaan.

 

Mother Teresa Sebagai Pengajar

Ia mendapatkan panggilan yang amat kuat pada tanggal 15 Agustus 1928 ketika ia sedang berdoa di Kuil Madonna Hitam di Letnice, sebuah kuil tempat ia sering berziarah.

Pada usia 18 tahun Mother Teresa bertekad untuk meninggalkan rumahnya dan bergabung dengan Kesusteran Loreto dan menjalani panggilannya sebagai misionaris.

Sejak saat itu, ia dikabarkan tidak pernah melihat ibu dan saudara-saudaranya.

Mother Teresa sempat pergi ke Biara Loreto di Rathfarnham, Irlandia untuk mempelajari bahasa inggris, bahasa yang dipergunakan oleh Kesusteran Loreto untuk mengajar anak-anak sekolahan di India.

Mother Teresa memulai pelatihan (novisiat) di Darjeeling, dekat pegunungan Himalaya pada tahun 1929. Tempat itu merupakan tempat ia belajar bahasa Bengali.

Pada tahun yang sama, Mother Teresa juga mengajar di Sekolah St. Teresa, sebuah sekolah yang terletak tidak jauh dari biaranya.

Sumpah agama sebagai seorang biarawati ia lakukan pada tanggal 24 Mei 1931. Ia memilih nama Teresa dalam pengejaan Spanyol karena nama Therese de Lisieux (Santo pelindung para misionaris) telah dipilih terlebih dahulu oleh biarawati lainnya.

Saat Mother Teresa sedang melayani sebagai guru di sekolah biara Loreto di Entally, sebelah timur Kalkuta, ia mengambil sumpah sucinya.

Di biara tersebut, Mother Teresa melayani hampir dua puluh tahun dan pada tahun 1944, ia diangkat sebagai Kepala Sekolah.

 

Mother Teresa Sebagai Misionaris

Mother Teresa sebetulnya sangat menyukai mengajar di sekolah.

Namun, ketika ia melihat kemiskinan yang semakin parah, terutama ketika terjadi kelaparan di Benggala pada tahun 1943 dan juga kekerasan Hindu/Muslim pada Agustus 1946, Mother Teresa merasa perlu menolong mereka.

Mother Teresa mengalami “panggilan” saat sedang dalam perjalanan ke biara Loreto di Darjeeling dari Kalkuta, pada tanggal 10 September 1946.

Dalam “panggilan” tersebut, ia mendengar kata: “Saya haus.”

kata kata mutiara
kata kata mutiara

Dari panggilan tersebut, ia memutuskan untuk meninggalkan biara dan membantu orang miskin. Mother Teresa memulai pekerjaan misionarisnya kepada orang-orang miskin pada tanggal 8 Desember 1948. Ia menanggalkan jubah Loreto dengan sarung katun sederhana berwarna putih yang dihiasi dengan pinggiran biru.

Dalam pelayanannya itu, Mother Teresa mengadopsi kewarganegaraan India dan menerima pelatihan dasar medis selama beberapa bulan di Patna, di sebuah Rumah Sakit Keluarga Kudus.

Setelah selesai dengan pelatihan tersebut, Mother Teresa mulai memberanikan diri untuk pergi ke daerah kumuh.

Mother Teresa juga membuka sebuah sekolah di Motijhil (Kolkata) serta membantu orang-orang miskin dan kelaparan.

Kata kata mutiara

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s