Cara Membuat CV Agar Mudah Diterima Bekerja! 99% Worth It

Cara Membuat Curriculum Vitae Yang Menarik Agar Diterima Di Kantor Yang Diinginkan

Apakah Kamusedang mencari pekerjaan? Temukan Trik membuat Curriculum Vitaeyang menarik agar dapat memikat perhatian dari pihak HR dari Pemerintahan yang Kamuinginkan melalui artikel dari saya berikut ini. Selamat membaca!

Kualitas CV Menentukan Ketertarikan HR
Dalam mencari pekerjaan tentunya diperlukan beberapa hal yang harus dipersiapkan, diantaranya adalah surat lamaran pekerjaan yang tentu saja harus dilampirkan dengan Riwayat Hidup yang biasa disebut juga dengan Curriculum Vitae (CV).
Tahukah Kamubahwa CV biasanya diminta oleh Perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan untuk memudahkan dalam mengevaluasi kompetensi atau kemampuan pelamar kerja yang mempunyai relevansi bagian pekerjaan yang dibutuhkan oleh Perusahaan yang bersangkutan. Selain itu, CV juga digunakan oleh para pelamar kerja untuk menuliskan kemampuan serta kompetensi yang mereka miliki pada sebuah dokumen singkat untuk melengkapi surat lamaran kerja.

Cara Membuat CV By Finansialku.com
Cara Membuat CV By Finansialku.com

Melalui CV ini, maka profile dan garis besar kehidupan Anda akan tercermin se Tips singkat dan tergambarkan di dalamnya termasuk riwayat pendidikan dan pengalaman kerja Kamuyang menjadi referensi bagi pihak Perusahaan yang akan mewawan Tips i Anda. Namun demikian, seringkali surat lamaran tidak dibaca dengan saksama dan bahkan tidak diminati oleh pihak HRD karena kualitas CV yang kurang menarik.
Melalui ulasan berikut ini, mari kita simak bagaimana membuat CV yang baik dan menarik untuk dibaca sekaligus memikat hati bagian HR yang akan melihat CV tersebut sebelum memasuki prosedur wawanCara .

#1 Lakukan Job Research
Sebelum Kamumembuat Curriculum Vitae, langkah pertama tentu saja Anda harus mencari informasi se Trik mendetail tentang Instansi dan jenis pekerjaan yang akan Anda lamar. Tentu saja jenis pekerjaan itu adalah yang sesuai dengan bidang yang Anda minati. Kamudapat mencari via online atau menanyakan informasi kepada teman-teman dan kenalan Anda. Catatlah segala informasi berkenaan dengan segala persyaratan pelamar seperti kualifikasi pekerjaan, keterampilan atau keahlian, usia dan tak jarang Kantor yang mencari pekerja yang sudah memiliki pengalaman bekerja selama rentang waktu yang dikhususkan.
Selain itu, Kamujuga perlu mencari tahu segala informasi mengenai visi, misi dan nilai-nilai serta etos kerja yang diimplementasikan dalam Kantor tersebut. Melalui berbagai informasi tersebut, Kamudapat menyaring, Instansi mana yang akan Anda tuju untuk dikirimkan surat lamaran berikut dengan CV Anda.

#2 Ketahui Isi CV se Tips Umum
Mungkin bagian ini sebagian besar orang sudah mengetahuinya, namun bagi para freshgraduate, informasi ini akan sangat menolong karena dapat memberi gambaran besar akan riwayat hidup Anda yang akan Anda cantumkan di dalamnya. Hati-hati dalam menyusun agar berurut supaya tidak membingungkan pembaca CV Anda terutama pihak HR yang akan menilai kualitas Anda pertama kali melalui CV tersebut.
Pada umumnya, konten yang ada dalam sebuah CV antara lain sebagai berikut:
• Identitas Diri – nama lengkap, alamat, nomor telepon dan alamat email.
• Pendidikan – pendidikan terakhir, jurusan dan IPK.
• Personalitas – gambaran singkat karakter diri Anda.
• Keterampilan – keterampilan yang Anda miliki.
• Proyek dan Pengalaman Kerja – hal yang sudah Kamuselesaikan pada pekerjaan sebelumnya atau penghargaan yang pernah Anda dapatkan.
• Training/Pelatihan Terbaru – pelatihan yang telah diikuti 2-3 tahun terakhir.
• Informasi Lain tentang Diri Anda – hobi, referensi atau hal lain tentang diri Anda yang berhubungan dengan pekerjaan yang Kamulamar.

Baca Juga: 5 Contoh Soal Psikotes dan Kiat Sukses Hadapi Tes Psikotes Saat Melamar Kerja

#3 Mulai Membuat CV
Langkah awal dalam membuat CV adalah tentukan desain yang menarik yang akan Kamugunakan. Berbagai contoh desain atau format CV dapat Kamucari dalam kolom pencarian dengan kata kunci “CV Design”. Kamudisarankan untuk memilih desain yang sederhana dengan kombinasi warna yang pantas dan gunakan simbol-simbol yang dapat dipahami oleh pembaca.
Ketika desain sudah dirasa oke, hal pertama yang perlu Anda tuliskan di dalamnya, sesuai dengan panduan isi seCara garis besar pada point 2 di atas adalah
• Cantumkan Identitas Diri. Tuliskan nama lengkap Anda, alamat, nomor telepon dan alamat email serta jangan lupa untuk menyertakan pasfoto terbaru Anda.
• Tulis jenjang pendidikan.
• Paparkan se Tips singkat, padat dan jelas mengenai karakter Kamudan nilai-nilai kehidupan yang Anda junjung.
• Deskripsikan keterampilan serta skill yang Kamumiliki terutama yang menunjang pekerjaan yang menjadi sasaran Anda.
• Apabila Anda bekerja sebelumya, tuliskan pengalaman kerja Anda dan pencapaian serta penghargaan yang pernah Anda raih apabila ada. Hal ini akan memberikan nilai tambah pada diri Anda dan perhatian khusus bagi pihak pembaca. Cantumkan juga berbagai pelatihan yang pernah Anda ikuti yang menambah skill.
• Cantumkan informasi tentang diri Anda yang relevan dengan pekerjaan Kamudan juga referensi dari beberapa orang penting di Pemerintahan , tempat Anda bekerja sebelumnya.

#4 Baca Ulang dan Perbaiki Kesalahan dalam CV
Langkah selanjutnya adalah Anda perlu membaca ulang CV yang telah Kamubuat tersebut. Hal ini penting dilakukan untuk meminimalkan kesalahan dan memastikan bahwa CV Kamusudah tersusun dengan rapi, tanpa ada tata bahasa dan ejaan yang salah dan menggunakan kalimat yang jelas, singkat serta efektif. Usahakan menggunakan kata-kata dan kalimat bahasa Indonesia yang baku. Gunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia Online atau mencari kata-kata baku dari artikel-artikel di websiteinternet.

#5 Analisis CV Anda
Dalam menganalisis CV yang telah Anda buat, Anda dapat berperan seolah-olah menjadi seorang HRD yang akan membaca CV tersebut. Agar lebih objektif dalam penilaiannya, Kamuharus mengesampingkan diri Kamudan benar-benar memerankan diri sebagai bagian HRD yang sedang melakukan rekrutmen terhadap pelamar.
Langkah berikutnya, Anda dapat meminta bantuan teman atau sahabat Anda untuk menilai CV yang telah Anda buat. Buat perbandingan penilaian antara penilaian yang telah Anda buat dan penilaian yang teman Anda buat. Setelah itu, Kamudapat memutuskan untuk memperbaiki beberapa kesalahan yang ditemukan.

Awali Langkah Awal dengan Sukses
Langkah-langkah tersebut di atas sebetulnya masih dalam langkah awal dalam proses lamaran Kamukepada Pemerintahan karena Kamuharus menempuh proses dan prosedur perekrutan kerja selanjutnya yang diatur oleh Perusahaan yang bersangkutan. Awali langkah tersebut dengan membuat CV yang menarik perhatian dari pihak HRD agar Anda dapat masuk ke dalam prosedur selanjutnya. Selamat membuat CV dan mempersiapkan diri untuk wawan Trik!

Sumber : Finansialku | Cara Membuat CV

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s