Sudah Miliki Efin, Begini Cara Memilikinya

Apakah Kamu Sudah Memiliki EFIN (Electronic Filling Identification Number)? Itu lho, nomor Khas yang harus Anda miliki untuk melaporkan pajak dengan e-filling. Pelaporan pajak per tahun pajak 2016 harus Sudah menggunakan e-filling. Oleh sebab itu Kalian harus segera membikin EFIN.

Apa Itu EFIN? Cara Mendapatkan EFIN Pajak?
Saat ini misalkan wujud nyata dalam peran serta warga negara dalam pembangunan bangsa yaitu dengan taat membayar pajak. Dalam sistem pemungutan pajak ini, maka warga negara yang taat di kudukan untuk dapat memperhitungkan, membayar serta melaporkan pajak atas penghasilan yang didapat dalam satu tahun pajak tersebut.
wajib perpajakan setiap tahunnya diakhiri dengan meng mesti kan mesti pajak (baik pribadi maupun badan usaha) untuk melaporkan SPT (Surat Pemberitahuan) Tahunan yang harus dilakukan mesti pajak paling lambat akhir bulan Maret tahun berikutnya untuk mesti pajak pribadi dan akhir bulan April tahun berikutnya bagi wajib pajak badan usaha.
Dengan begitu kita ketahui bahwa meskipun pajak telah dihitung dan dibayarkan oleh mekanisme pemotongan yang dilakukan oleh pihak lain, tetap saja mesti pajak kudu tetap melaporkan pajaknya. Setiap tahunnya orang banyak datang dan mengantri di KPP (Kantor Pelayanan Pajak) untuk melaporkan pajak tahunannya, dengan melihat keadaan seperti ini maka pemerintah menawarkan cara yang lebih gampang dilakukan kudu pajak dalam melaporkan pajak tahunannya yaitu dengan e-Filling.
Pada pelaporan SPT Tahunan tahun 2015 yang dilaporkan di 2016, pemerintah melalui KPP masing-masing Sudah banyak menghimbau dan memperkenalkan pelaporan pajak secara online. Hal tersebut terlihat dengan disediakannya bantuan di KPP untuk membantu para kudu pajak dalam melakukan pelaporan secara online malalui e–Filling.

saat ini ini pemerintah mesti para wajib pajaknya untuk melaporkan pajaknya secara online saja, karena pelaporan melalui e-Filling dirasa mudah untuk dilakukan, selain itu kudu pajak juga tidak usah repot-repot datang ke KPP dan mengantri panjang serta membuang waktu hanya untuk melaporkan pajak tahunannya. Lagipula pelaporan melalui e-Filling juga dirasa aman dan tidak dapat diakses oleh pihak lain. Namun sebelum pada pengisian SPT Tahunan dengan menggunakan e-Filling, mesti pajak di kudukan untuk mendaftarkannya terlebih dahulu dengan harus memiliki EFIN terlebih dahulu.

Apa itu EFIN Pajak?
EFIN (akronim dari Electronic Filling Identification Number) adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak agar kudu pajak dapat melakukan transaksionline (misalnya: e-Filling). Dengan adanya EFIN, maka mesti pajak pribadi dapat melaporkan SPT Tahunannya secara online serta aman dan rahasia.

Bagaimana cara Memperoleh EFIN untuk mesti Pajak Pribadi?
sesudah men-download formulir EFIN, maka isilah formulir tersebut pada bagian identitas mesti pajak dikarenakan pengisian ini diperuntukkan bagi kudu pajak pribadi dan kosongkan pada bagian EFIN, isi pula bagian telepon seluler dan alamat email aktif, dikarenakan konfirmasi EFIN akan dikirimkan kepada alamat email terdaftar.
Formulir EFIN tersebut tidak hanya dapat diperoleh melalui internet saja namun formulir EFIN ini dapat diperoleh dengan kudu pajak datang ke KPP terdekat / KPP terdaftar masing-masing mesti pajak dan mintalah formulir ini ke bagian pelayanan.
#2 Ajukan formulir EFIN dan dokumen lainnya yang dibutuhkan ke KPP terdekat
setelah melengkapi formulir tersebut kudu pajak cukup datang ke KPP terdekat untuk Mendapatkan EFIN, bagi mereka yang tidak dapat datang sendiri ke KPP untuk meminta EFIN dan diwakilkan oleh orang lain dalam permintaan EFIN-nya, maka kudu pajak tersebut mesti membuat surat kuasa dan Kamu tangankan diatas materai. Dokumen yang harus dibawa saat meminta EFIN:
• Formulir EFIN yang telah diisi lengkap dan ditKamu tangan.
• Alamat email aktif
• Fotokopi dan asli KTP
• Fotokopi dan asli NPWP
• Surat kuasa khusus (bagi wajib pajak yang dalam permintaan EFIN-nya diwakilkan)
Bagi karyawan suatu perusahaan, selain mengajukan EFIN secara pribadi, bisa mengajukan EFIN secara kolektif. Bagi karyawan yang ingin mengajukan EFIN secara kolektif, berikut syaratnya:
• Karyawan yang mengajukan EFIN pajak harus lebih dari 20 orang.
• Nama karyawan tersebut harus tercantum dalam SPT PPh 21 di perusahaan tersebut.
• Saat pengaktifan EFIN, karyawan dimesti kan untuk datang dan mengaktifkannya sendiri.

#3 Aktivasi EFIN yang Telah Didapat
setelah kita memegang kertas EFIN yang didapat dari KPP, maka aktivasilah EFIN tersebut dengan masuk ke djponline.pajak.go.id. sesudah berhasil mengaktivasi maka cek email (yang didaftarkan pada formulir permintaan EFIN), karena akan dikirimkan aktivasi dengan password sementara.

Bagaimana cara Mendapatkan EFIN untuk wajib Pajak Badan?
#1 Download dan isi formulir EFIN
Sama halnya dengan mesti pajak pribadi, kudu pajak badan pun memerlukan dalam permintaan EFIN, namun dalam hal wajib pajak badan hanya perlu menunjuk misalkan pengurus untuk mewakilkan badan atau perusahaan tersebut dalam Mendapatkan EFIN. Pengurus yang ditunjuk. setelah itu download formulir EFIN tersebut dan isi lengkap data wajib pajak badan atau perusahaan pada identitas kudu pajak dan isikan identitas wakil dari perusahaan tersebut pada identitas wakil mesti pajak, jangan lupa untuk melengkapi telepon seluler dan alamat email aktif, serta tambahkan cap perusahaan sebelum Kamu tangani.

#2 Ajukan formulir EFIN dan dokumen lainnya yang dibutuhkan ke KPP Terdekat
Pengurus yang dipilih perusahaan untuk menjadi wakil hanya cukup datang ke KPP (Kantor Pelayanan Pajak) tempat kudu pajak badan atau perusahaan terdaftar.
Ada beberapa dokumen yang harus dibawa selain formulir dari EFIN itu sendiri, yaitu:
• Fotokopi dan asli kartu NPWP dan SKT (Surat Keterangan Terdaftar) wajib pajak badan tersebut.
• Fotokopi dan asli kartu NPWP dan SKT pengurus yang ditunjuk sebagai wakil.
• Kartu identitas diri pengurus (KTP)
• Surat kuasa yang menunjukkan pengurus yang mewakilkan wajib pajak badan atau perusahaan tersebut dalam permintaan EFIN-nya.
#3 Aktivasi EFIN yang Didapat
setelah kita memegang kertas EFIN yang didapat dari KPP, maka aktivasilah EFIN tersebut dengan masuk ke djponline.pajak.go.id.
Jangan Lupa Urus EFIN Pajak, Sebelum Masa Pelaporan Pajak
Segera urus EFIN Pajak Kalian , agar pelaporan pajak menjadi lebih gampang. sekarang melaporkan pajak penghasilan individu jauh lebih gampang dengan adanya teknologi. Jangan lupa share atau bagikan informasi ini kepada teman-teman kerja Anda, agar mereka juga tahu mengenai cara Mendapatkan EFIN dan e-Filling Pajak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s