Menganalisis Reksa Dana Saham Dengan Bareksa

Bagaimana cara menentukan reksa dana saham? Berikut ini perencana keuangan independen saya akan membahas salah satu cara memilih reksa dana saham dengan menggunakan rating atau barometer investasi.

Bagaimana Cara menentukan Reksa Dana Saham?
Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh investor awam di reksa dana merupakan , bagaiaman cara memilih reksa dana saham? Pertanyaan itu yaitu pertanyaan yang sangat wajar, karena di Indonesia ter bisa lebih dari 120 produk reksa dana saham.

Sebelum membahas mengenai pemilihan produk investasi reksa dana, kami sarankan bagi investor pemula bagi : mempelajari terlebih dahulu cara kerja investasi reksa dana, istilah-istilah yang digunakan dalam investasi reksa dana, peraturan dalam jam transaksi reksa dana, mengecek profil risiko dan berinvestasilah sesuai dengan rencana keuangan.
menentukan Reksa Dana Saham dengan Menganalisis Grafik
Dalam artikel ini, kami akan jelaskan menggunakan beberapa tools atau fitur yang terdapat di dalam website Bareksa.com. Silahkan daftar terlebih dahulu sebagai member Bareksa.com, agar Anda dapat lebih leluasa mengakses fitur-fitur quick scanning berikut ini.

Idealnya sebagai seorang investor reksa dana, kita perlu memahami performansi atau kinerja reksa dana saham yang ingin kita beli. Salah satu cara memantaunya yaitu dengan memperhatikan grafik kinerja produk tersebut selama 3 – 5 tahun. Kemudian kita lihat trend, apakah kecenderungannya meningkat atau menurun.
Dalam artikel ini kami akan menyebutkan contoh produk reksa dana. Contoh yang kami gunakan tidak bisa dijadikan saran investasi apapun. Kami gunakan contoh reksa dana tersebut, sebagai sarana edukasi.

Contoh: Reksa Dana Saham – Dana Pratama Ekuitas

Berdasarkan grafik di atas, bisa dilihat mulai dari Juli 2011 sampai dengan Juli 2015, kinerja Dana Pratama Ekuitas mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Pada akhir tahun 2015, kinerjanya sempat mengalami penurunan. Pada awal tahun 2016, reksa dana saham Dana Pratama Ekuitas mulai mengalami rebound dan kinerja menjadi lebih baik. Selain itu, sebagai investor kita juga bisa mengecek fund fact sheet dan prospektus reksa dana.

Melakukan penentuan dengan Cepat (Quick Scanning)
Banyak investor awam, yang merasa kami masih kurang pede dengan penilaian dan cara membaca grafik kami. Apakah ada cara yang lebih mudah bagi memilih reksa dana saham (quick scanning)? Jawabannya ada. Anda dapat mempertimbangkan fitur rating yang dimiliki Bareksa.com dan Morningstar.com. Keduanya website tersebut memiliki metode penilaian, produk-produk reksa dana.

Leave a comment