Merencanakan Dana Liburan Murah ke Pulau Komodo

Rencanakan dana liburan untuk melihat keindahan Pulau Komodo agar perjalanan Anda hemat dan murah. Di artikel ini, Anda dapat mengetahui tips serta kiat-kiat liburan ke Pulau Komodo agar tidak bikin kantong hangus .

Tips Perjalanan Murah ke Pulau Komodo

Apa saja tips perjalanan murah ke Pulau Komodo yang dapat Anda ikuti agar dana liburan Anda tetap sehat? Berikut ulasannya!

Tips 1: Riset

Sebelum Anda membeli tiket pesawat, memesan penginapan atau memilih agen perjalanan, sebelumnya Anda harus melakukan riset pra perjalanan sehingga Anda mengerti apa saja yang harus Anda lakukan di Pulau Komodo serta perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk setiap aktivitas. Dengan riset, Anda dapat membandingkan biaya dana liburan untuk masing-masing keperluan.

Tips 2: Beli Tiket Pesawat Promo

Untuk wisata ke Pulau Komodo, Anda dapat membeli tiket pesawat menuju Bali atau Lombok. Di sinilah tahap pertama penghematan Anda dimulai: mulailah dengan membeli tiket promo. Perusahaan maskapai penerbangan seringkali mengadakan promo tiket pesawat terutama di awal tahun di mana Anda dapat membeli tiket pesawat dari jauh-jauh hari dengan harga yang sangat murah untuk menghemat dana liburan tentunya.

Untuk itu, Anda harus cepat dan selalu up-to-date dengan promo tersebut. Salah satu caranya adalah dengan berlangganan newsletter atau majalah, dimana perusahaan penerbangan akan langsung mengirimkan email mengenai diskon dan promo langsung kepada Anda.

Tips 3: Pilih Transportasi Murah Menuju Labuan Bajo

Terdapat banyak pilihan transportasi menuju Labuan Bajo, ada yang melalui darat, udara dan laut. Melalui darat, Anda dapat memilih bus malam dengan biaya Rp600.000, dimana biaya ini sudah termasuk biaya penyebrangan Bali menuju Lombok, lalu ke Sumbawa dan Sape ke Labuan Bajo dengan waktu perjalanan 36 jam.

Jika Anda mabok perjalanan dengan bus, Anda dapat menggunakan jalur laut dengan Kapal Pelni dengan rute perjalanan Benoa – Ampenan – Bima – Labuan Bajo. Tiket kapal untuk kelas ekonomi sebesar Rp235.000 dan berangkat dari pelabuhan Benoa jam 09.00 dan tiba di Labuan Bajo esok harinya pukul 17.00. Pilihan terakhir adalah jalur udara, walaupun ini adalah pilihan rute tercepat, harganya cenderung lebih mahal dibandingkan pilihan transportasi lainnya.

Tips 4: Carilah Penginapan Murah

Terdapat banyak pilihan penginapan di Pulau Komodo, misalnya jika Anda bersedia tidur di tempat sederhana, Anda hanya perlu membayar Rp25.000 per malamnya. Harga ini jika Anda menginap di penginapan nelayan, yang mana penginapan ini biasanya digunakan oleh nelayan yang tidak sempat kembali ke rumahnya setelah berlayar.

Penginapan termurah kedua adalah penginapan layaknya hotel hanya saja dengan kamar mandi umum. Harganya hanya Rp50.000 – Rp75.000 per kamar. Jika Anda ingin yang lebih private, Anda dapat memilih hotel dengan kamar mandi pribadi dan dilengkapi oleh AC dengan harga Rp100.000 – Rp150.000 per malamnya.

Simulasi Perkiraan Biaya Perjalanan ke Pulau Komodo

Berikut ini adalah simulasi perkiraan biaya perjalanan ke Pulau Komodo yang dapat Anda perhatikan agar Anda dapat mempersiapkan dana liburan ke Pulau Komodo dengan sebaik-baiknya.

Hari 1: Perjalanan Menuju Bali, Lanjut Dengan Kapal Pelni

Sebagai contoh, Anda berangkat dari Jakarta dengan menggunakan maskapai Lion Air, maka Anda harus membayar kurang lebih Rp600.000. Lalu, untuk kapal Pelni menuju Labuan Bajo Anda harus membayar Rp235.000. Harga tiket ini sudah termasuk harga makan sederhana. Untuk menghemat biaya, Anda dapat mencari jam mendarat di Bali sekitar jam 6 pagi, dilanjutkan dengan naik kapal jam 9 pagi dan tiba keesokan harinya jam 5 sore.

Total biaya hari 1: Rp835.000.

Hari 2: Sampai di Labuan Bajo, Menginap dan Istirahat

Sesampainya Anda di Labuan Bajo, Anda dapat mencari penginapan murah dengan harga Rp50.000 per orang dan makan di warung makan sekitar penginapan kurang lebih Rp25.000.

Total biaya hari 2: Rp75.000.

Hari 3: Tur Menuju Taman Nasional Komodo

Setelah Anda sarapan (estimasi biaya Rp10.000 per orang), Anda dapat langsung menuju Taman Nasional Komodo dengan harga tiket masuk Rp200.000. Di dalam Taman Nasional Komodo, Anda dapat mengunjungi Loh Liang atau Pulau Komodo dan Loh Buaya atau Pulau Rinca. Tiket tersebut sudah termasuk tiket menuju Pulau Rinca.

Tetapi, tiket masuk tersebut tidak termasuk harga kapal ferry menuju ke kedua pulau tersebut. Harga sewa satu kapal adalah Rp1.500.000 hingga Rp2.000.000 dan jika ingin murah, Anda dapat pergi berombongan. Pada saat perjalanan, Anda dapat menikmati keindahan laut, kemudian setibanya di Pulau Komodo, Anda dapat melihat habitat serta menyaksikan langsung hewan berdarah dingin tersebut.

Setelah dari Pulau Komodo, Anda akan menuju Pulau Rinca, yang masih dipenuhi oleh rumput kering, pohon-pohon besar. Tentunya Anda tidak akan menemukan pemandangan alam yang sama di pulau lainnya. Pada saat perjalanan pulang, sembari beristirahat, Anda dapat menikmati indahnya matahari terbenam.

Total biaya hari 3: Rp 400.000 (Rombongan = 10 orang)

Hari 4: Menuju Goa Cermin, Kembali ke Bali dan Kembali ke Jakarta

Anda dapat menggunakan angkutan umum untuk menuju ke Goa Cermin, salah satu tempat wisata di Labuan Bajo. Kemudian, kembali ke pelabuhan, dan menggunakan Kapal Pelni kembali ke Bali dan dilanjutkan dengan penerbangan terakhir ke Jakarta.

Total biaya hari 4: Rp 850.000.

Total biaya untuk keseluruhan perjalanan adalah Rp2.500.000 dengan tambahan biaya Rp355.000 untuk biaya makan, foto atau kebutuhan darurat lainnya. Cukup terjangkau, bukan?

Pergi Bersama Teman atau Keluarga

Selain cara di atas, pergi beramai-ramai juga dapat menekan biaya pengeluaran, misalnya dari biaya penginapan yang dapat dibagi dengan teman-teman atau keluarga hingga biaya makan. Selain lebih seru, pergi dengan rombongan juga akan menghemat biaya perjalanan Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s